Pilihan Menu MPASI 6 Bulan untuk Bayi

Pilihan menu MPASI 6 Bulan bagi bayi sangatlah penting untuk diperhatikan. MPASI merupakan kependekan dari makanan pendamping air susu ibu atau ASI. Memasuki usia enam bulan, bayi sudah memerlukan makanan yang digunakan untuk melengkapi gizi dari ASI. Hal ini dikarenakan oleh nutrisi yang diberikan oleh ibu melalui ASI belum mencukupi untuk tumbuh kembang bayi. Selain itu, organ-organ dalam sistem pencernaan bayi sudah siap untuk menerima dan mencerna makanan selain ASI meskipun masih tergolong makanan yang sederhana saja.

Akan tetapi pemberian MPASI 6 bulan bagi bayi juga harus selalu diperhatikan, baik frekuensi, jenis makanan, maupun jumlah makanan yang diberikan kepada bayi. Hal ini dikarenakan apabila MPASI tidak diberikan dengan benar, maka dapat menyebabkan malanutrisi yang dapat mengakibatkan gangguan pada pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Pilihan Menu MPASI 6 Bulan untuk Bayi

Bagaimana aturan dalam membuat MPASI? Sebenarnya, tidak ada aturan yang baku mengenai cara membuat ataupun komposisi MPASI yang baik bagi bayi. Yang terpenting adalah, MPASI mengandung berbagai nutrisi yang sehat dan aman, tidak mengandung bahan pengawet maupun penyedap rasa, alami, bertekstur lembut dengan rasa yang hambar. Selain itu MPASI juga harus mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, serta zat besi yang seimbang.

Pilihan Menu MPASI 6 Bulan yang Sehat dan Tepat

Berikut beberapa menu MPASI 6 bulan bagi bayi:

Jenis Makanan Pilihan Cara Menyiapkan Nutrisi
Sereal Bubur beras yang difortifikasi dengan zat besi Masak dengan air yang bersih Beras merupakan makanan yang umum diberikan pada bayi melalui MPASI bayi. Kandungan zat besi dari bubur beras yang difortifikasi dapat memenuhi kebutuhan zat besi bayi yang tinggi.
Oats
Buah Empuk Alpukat Ambil daging buah dengan sendok Alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang bayi
Pisang Suapkan langsung ke anak setelah dikupas dan dicuci bersih Pisang dan pepaya mengandung berbagai vitamin dan serat, serta bagus untuk pencernaan
Pepaya
Buah Keras Pir Blender Buah pir dan apel kaya akan berbagai vitamin yang dapat berperan sebagai antioksidan
Apel
Sayuran Kentang Kukus dan blender Selain kentang dan ubi dapat menjadi sumber karbohidrat pengganti bubur beras, sayuran ini juga mengandung nutrisi yang tinggi
Ubi  
Wortel Kukus atau rebus, kemudian diblender Wortel kaya akan vitamin A yang membantu tumbuh kembang anak, khususnya dalam menjaga kesehatan mata. Sedangkan bayam mengandung zat besi yang tinggi.
Bayam
Lauk hewani Daging sapi Direbus lalu tulangnya disisihkan dan diblender.

Gunakan kaldunya sebagai kuah atau pengencer MPASI

Daging sapi dan ayam mengandung zat besi yang tinggi. Selain itu, dari daging ini, kebutuhan vitamin B12 yang merupakan vitamin hewani dapat dicukupi.
Daging ayam
Lauk nabati Tempe Kukus dan blender Tempe, tahu, serta kacang merah mengandung protein yang tinggi serta memiliki rasa yang khas, sehingga baik digunakan untuk variasi protein
Tahu
Kacang merah

 

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Membuat MPASI 6 Bulan Bayi

Dari daftar pilihan menu makanan pendamping ASI di atas, ibu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan cara yang mudah dan sederhana. Dalam membuat MPASI 6 bulan bagi bayi, masak bahan makanan dengan sempurna, artinya tidak terlalu mentah dan tidak terlalu matang. Selain itu, sebaiknya jenis pilihan bahan dan olahan divariasikan, sehingga bayi tidak akan bosan dan juga dapat memenuhi berbagai kebutuhan nutrisi bayi.

Dengan mengetahui beberapa pilihan menu MPASI 6 bulan yang sehat dan tepat bagi bayi, ibu dapat berkreasi sesuai dengan pilihan dan kebutuhan bayi, sehingga MPASI 6 bulan bagi bayi akan bervariasi dan tetap memberikan kandungan nutrisi yang tepat bagi bayi usia 6 bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*