Kalori Tahu Goreng dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh

Kalori Tahu Goreng dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh

Tahu sudah menjadi makanan yang tak asing lagi di lidah orang Indonesia. Tahu ini sering hadir dalam menu harian kita. Tahu sendiri merupakan makanan yang dibuat dengan bahan dasar kacang kedelai yang sangat merakyat dan mudah sekali untuk didapatkan di pasar atau tempat lain dengan harga terjangkau. Tahu sering kali digoreng untuk dijadikan lauk. Tapi apa anda tahu kalori tahu goreng itu sebenarnya tinggi atau tidak? Cari tahu jawabannya di sini.

Kalori tahu goreng akan kami sampaikan dalam daftar di bawah ini. Tahu sendiri memiliki kandungan gizi yang baik sebagai penunjang kesehatan untuk tubuh anda sehari- hari. Terdapat 35 kalori dalam Tahu Goreng (1 buah).Dengan rincian kalori tahu goreng sebagai berikut: 62% lemak, 14% karb, 24% prot.

Daftar Kalori Tahu Goreng dan Kandungan Gizinya

Adapun kandungan gizi yang terdapat pada tahu antara lain:

  • Energi 32 kilo kalori
  • Protein nabati bebas lemak 1,4 gr
  • Klsium 21,2 mg
  • Zat  besi 0,13 mg
  • Karbohidrat utuh hanya 0,3 gr
  • Lemak tak jenuh 2,8 gr
  • Vitamin B komplek, vitamin E,
  • serat pangan,
  • Mengandung keratin.

Beberapa jenis minyak yang menyehatkan untuk menggoreng tahu

  1. Minyak kelapa sawit
  2. Olive oil atau Minyak zaitun
  3. Minyak jagung

Ketiga jenis minyak adalah minyak sehat yang rendah kalori. Ketiga jenis minyak tersebut diketahui tidak akan meningkatkan kadar kolesterol yang ada dalam darah. Sehingga tidak akan mengakibatkan penyumbatan pembukuh darah. Sebab tiga jenis minyak tersebut mempunyai kandungan minyak tak jenuh juga omega 3 yang baik bagi kesehatan.

Sebaiknya gunakan minyak dengan hanya sekali pakai dan tidak digunakan dalam  menggoreng beberapa bahan masakan yang berbeda secara berulang ulang kali. Minyak bekas sebaiknya dihindari jika sudah berhari hari disimpan. Sebab minyak bekas mengandung minyak trans, kolesterol jahat dan telah terkontiminasi oleh radikal bebas.

Manfaat Tahu Goreng Untuk Kesehatan

  1. Mengurangi kadar kolesterol dalam darah

Asam linoleat juga terkandung dalam tahu yang berfungsi sebagai sumber lesitin. Ini bisa melingdungi metabolisme dari kerusakan yang dikarenakan serangan radikal bebas.

  1. Bersifat Anti kanker Endometrium

Kedelai sebagai bahan pembuatan tahu dapat menghambat pertumbuhan sel kanker endometrium wanita lansia pasca menoupause.  Jadi meski dalam keadaan menoupause wanita bisa tetap bugar dan sehat.

  1. Dapat mencegah dan menyembuhkan asam urat

Zat protein dalam tahu dapat menurunkan zat purin yang terdapat dalam tubuh. Selain itu juga bisa memperbaiki jaringan asam urat supaya tetap sehat dan seimbang.

  1. Mencegah Anemia pada orang dewasa

Kandungan zat besi tinggi di dalam tahu bisa menjaga serta dapat meningkatkan sel-sel darah merah dalam tubuh orang dewasa. Seperti jika anda kesehariannya kelelahan, kurang asupan gizi karena pekerjaan menguras banyak tenaga karena tuntutan kerja, kurang tidur, perjalanan jauh, dan lain lain.

  1. Memperpanjang umur

Mengkonsumsi tahu setiap hari sangat baik.  Sebab diketahui bisa memperpanjang umurnya karena peningkatan kesehatan paru-paru. Dengan begitu akan tercapai kualitas hidup yang lebih baik.

  1. Menyehatkan jantung

Gumpalan kolesterol bisa ditekan dan dihancurkan oleh kandungan kedelai di dalam tahu. Sumbatan lemak jenuh di dalam pembuluh arteri menuju jantung, sehingga dapat terhindar dari penyakit  jantung atau kardiovaskular.

Setelah anda mengetahui kalori tahu goreng dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh, maka anda sekarang tak perlu khawatir lagi dalam mengkonsumsi tahu. Tentunya anda bisa mengira- ngira berapa banyak kebutuhan konsumsi tahu dalam sehari. Menu harian menggunakan tahu bisa anda gabungkan bersama dengan makanan sehat lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*