Apakah Amenore Itu? Ini Yang Kaum Wanita Harus Tahu!

Amenore adalah suatu keadaan dimana seorang wanita tidak mengalami menstruasi atau haid setiap bulannya. Hal ini bisa terjadi pada anak gadis yang telah menginjak usia pubertas namun belum juga mendapatkan menstruasi, atau pada seorang wanita yang telah mengalami menstruasi rutin namun tiba-tiba tidak terjadi lagi selama beberapa waktu. Pada wanita yang rutin menstruasi, kondisi Amenore bisa disalahartikan sebagai kehamilan karena tidak ada menstruasi selama sekian bulan. Bagaimanakah sebenarnya Amenore itu?

Penyebab Amenore

Seperti yang sempat disinggung di atas, Amenore dialami oleh dua tipe perempuan yaitu :

  1. Amenore Primer, terjadi pada anak gadis yang memasuki usia dewasa yakni sekitar 15 tahun namun tidak kunjung mendapatkan menstruasi.
  2. Amenore Sekunder, terjadi pada para wanita yang sudah rutin menstruasi namun tidak haid selama lebih dari tiga bulan.

Penyebab penyakit Amenore disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut ini adalah diantaranya:

 1. Kelainan sejak lahir

Perempuan yang mengalami Amenore primer bisa dikatakan memiliki kelainan sejak lahir pada bagian reproduksinya. Beberapa organ tidak berkembang dengan sempurna sehingga menghalangi terjadinya menstruasi seperti penyempitan bagian leher rahim, tidak memiliki uterus, atau terbentuk sekat dalam vagina.

2. Perubahan hormon

Perubahan hormon ini umumnya terjadi pada wanita yang hamil, menyusui dan juga wanita yang telah memasuki masa menopause.

 3. Kurangnya berat badan

Amenore adalah tidak adanya darah menstruasi yang keluar akibat dari gagalnya proses ovulasi. Berat badan ternyata mempengaruhi terhadap siklus produksi hormon. Pada wanita yang memiliki berat badan kurang dari 10 persen berat badan normal, hormon yang dihasilkan jadi tidak seimbang dan hal ini berakibat pada kegagalan proses ovulasi.

 4. Stress

Stress disinyalir juga mampu mengganggu proses produksi hormon. Stress akan mempengaruhi bagian otak yang berfungsi untuk memberikan sinyal agar organ menghasilkan hormon. Inilah mengapa stress pada wanita rawan sekali menyebabkan banyak gangguan.

 5. Pengaruh Obat-obatan

Beberapa obat-obatan bisa mempengaruhi tubuh dan menyebabkan terjadi Amenore. Salah satu obat-obatan yang cukup memberi dampak signifikan adalah obat kontrasepsi, antidepresan, antipsikotik, obat terapi kanker, obat tekanan darah dan juga obat alergi.

Gejala Amenore

Gejala utama dari Amenore adalah tidak adanya menstruasi. Di samping itu, Amenore juga bisa menyebabkan keluhan-keluhan seperti di bawah ini. Diantaranya adalah :

  • Rambut yang semakin rontok
  • Sering terserang sakit kepala
  • Nyeri di daerah panggul
  • Penglihatan semakin tidak jelas
  • Puting susu mengeluarkan cairan
  • Banyak muncul jerawat
  • Tumbuhnya rambut di bagian wajah secara berlebihan.

Amenore adalah salah satu gangguan yang cukup berbahaya bagi seorang wanita karena pada dasarnya akan mempengaruhi proses reproduksi. Jika Anda mengalami gejala-gejala di atas, sebaiknya segeralah untuk berkonsultasi dengan dokter ahli agar bisa segera menemukan solusi pengobatannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*